Jumat, Februari 06, 2009

REMAJA DAN PERILAKU HIDUP SEHAT

Remaja yang bersikap hidup sehat adalah remaja:
01. Mengerti tujuan hidup
02. Memahami faktor penghambat maupun pendukung perkembangan kematangannya.
03. Bergaul dengan bijaksana
04. Terus menerus memperbaiki diri

Dengan demikian remaja dapat diharapkan menjaga remaja yang handal dan
sehat. Remaja harus mengetahui dirinya memiliki kekhawatiran dan harapan,
dengan kata lain remaja harus mengerti dirinya sendiri.
Faktor yang berkembang pada setiap remaja antara lain fisik, intelektual,
emosional, spiritual. Kecepatan perkembangan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Fisik 35%
2. Intelektual 20%
3. Emosional 30%
4. Spiritual 15%
Faktor fisik berkembang secara tepat sedangkan faktor lainnya berkembang
tidak sama besar. Perkembangan yang tidak seimbang inilah yang menimbulkan
kejanggalan dan berpengaruh terhadap perilaku remaja.
Bagaimana seseorang remaja melihat dirinya sendiri, orang lain serta
hubungannya dengan orang lain termasuk orang tua dan pembina? Kadangkadang
ia ingin dianggap sebagai anak-anak, orang dewasa, orang lain dianggap
sebagai orang tua, teman.

Hubungan dirinya dengan orang lain dianggap bersifat:
1. Otoriter ------- demokratis
2. Tertutup ------- terbuka
3. Formal ------- informal
Semua tersebut di atas dalam keadaan "dalam perjalanan menuju" Sehingga dapat
dilihat segalanya masih dalam proses dan tidak berada dalam kutub atau masa
anak-anak ataupun kutub atau masa dewasa.

"Dalam perjalanan menuju" ini yang menonjol adalah:
01. Fisik yang kuat
02. Emosi yang cepat tersinggung
03. Sering mengambil keputusan tanpa berfikir panjang
04. Pertimbangan agama, falsafah, ataupun tatakrama hanya kadang-kadang saja dipakai

"Dalam perjalanan menuju" yang paling penting diketahui oleh remajaadalah bagaimana remaja dapat berproses :
01. Menuju fisik yang ideal
02. Menuju emosi kelakian ataupun kewanitaan yang utuh
03. Menuju cara berfikir dewasa
04. Menuju mempercayai hal-hal yang agamais, bersifat falsafah dan bersifattatakrama

By : Ridwan

0 komentar: